en id

Berita

YIA Dukung Bandara Sebagai Tempat Promosi, Kreativitas, Edukasi Karya Anak Bangsa dan Kearifan Lokal

11 Jun 2022

kembali ke list


Kulon Progo (11/06) - Bandara Internasional Yogyakarta kembali menjadi tempat para kreator dan pelaku seni budaya untuk menampilkan karya. Kesempatan ini selalu terbuka, sebagai komitmen PT Angkasa Pura I terhadap promosi dan edukasi wisata, seni, dan budaya. 

Berkolaborasi dengan PT. Kereta Api Indonesia (KAI) dan Java Connections Art Management, serta Dinas Kebudayaan DIY, hari ini PT Angkasa Pura I YIA fasilitasi penyelenggaraan Train Miniature Park di Kawasan Tugu Malioboro (KTM) YIA. Penyelenggaraan kegiatan tersebut merupakan bentuk edukasi informasi kepada masyarakat, melihat adanya peningkatan kunjungan masyarakat (penumpang/non penumpang) di YIA dengan menggunakan Kereta Api Bandara. 

Hadir pada pembukaan kegiatan yaitu PJ Bupati Kulon Progo, Tri Saktiyana; Airport Operation, Security, and Services Senior Manager YIA, Rakhmat Febrian mewakili Manajemen PT Angkasa Pura I; Direktur Keselamatan PT. KAI, John Robertho; serta Direktur Utama Java Connections Art Management, Indro Kimpling. Train Miniature Park resmi dibuka hingga 10 Juli mendatang, seiring dengan penyelenggaraan Thrift Bazaar KTM yang telah dibuka sejak 8 Juni 2022. 

“Penumpang KA Bandara tidak hanya penumpang bandara namun juga penumpang wisata. Kami berharap event ini dapat memberikan edukasi kepada masyarakat, serta dapat mendukung upaya peningkatan pelayanan di YIA yang dioperasikan oleh PT Angkasa Pura I,” terang John Robertho. 

PJ Bupati Kulon Progo, Tri Saktiyana menyampaikan apresiasi atas kepedulian dan inovasi yang tidak pernah berhenti dari Angkasa Pura I, “Kami turut berbangga memiliki Bandara YIA yang sejak beroperasi tidak pernah berhenti mengangkat kebudayaan, kearifan lokal hingga mengupayakan integrasi transportasi yang baik sehingga masyarakat dapat mengakses bandara dengan mudah. Terima kasih kami sampaikan kepada AP I, PT. KAI, dan Java Connections atas penyelenggaraan kegiatan hari ini yang akan berlangsung selama 1 bulan, semoga ini akan membawa manfaat dan penghiburan bagi masyarakat”.

Pada kesempatan tersebut, seluruh tamu undangan turut menyaksikan penjelasan karya miniatur kereta oleh kurator, dan dilanjutkan dengan menyaksikan gelar seni budaya “Jogja Glorious Culture” yang melibatkan 8 kelurahan budaya di Kulon Progo. 

“Kami, PT Angkasa Pura I YIA berkomitmen untuk selalu memberikan ruang bagi masyarakat berkreasi, menampilkan dan mempromosikan karyanya. Karenanya, masyarakat dapat teredukasi, ini pun menjadi kesempatan bagi kita untuk mengenalkan kepada pengguna jasa baik warga lokal hingga wisatawan mancanegara,” jelas Rakhmat Febrian, Airport Operation, Security, and Services Senior Manager AP I YIA.*** [GN]