en id

Berita

YIA Catat Pergerakan Trafik Penumpang Hingga 11 Ribu pada H-3 Lebaran

30 Apr 2022

kembali ke list


Kulon Progo (30/04) - PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) melayani 11.083 penumpang pada H-3 jelang Lebaran 2022/1443 H. 

Jumlah penumpang tersebut tercatat pada tanggal 29 April 2022, dengan capaian pertumbuhan 123,58 persen dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2021. Pertumbuhan juga tercatat pada pergerakan pesawat yang mengalami kenaikan 77,27 persen, dengan 78 pergerakan pesawat, dan melayani sebanyak 23.438 kilogram kargo.

“Apabila melihat tren pertumbuhan trafik tersebut, kami optimis bahwa YIA sebagai salah satu bandara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura I dapat memberikan proyeksi yang  positif ke depannya. Kami optimis akan ada pertumbuhan trafik yang positif. Untuk mendukung kelancaran operasional, kami akan tetap memastikan segala kesiapan fasilitas dan layanan, serta kesiapsiagaan seluruh personil di bandara, sehingga seluruh pengguna jasa bandara dapat mendapatkan pelayanan yang baik. Kami pun akan memastikan operasional bandara dijalankan dengan prinsip 3S+1C (Safety, Security, Services, and Compliance) untuk mendukung pemerintah dalam memastikan dan mewujudkan mudik atau perjalanan yang aman, nyaman, dan sehat,” jelas Agus Pandu Purnama, General Manager Bandara Internasional Yogyakarta. 

Selama 6 hari pertama pelaksanaan Posko Terpadu Angkutan Udara Lebaran Tahun 2022/1443 H yaitu tanggal 25 April 2022 (H-7) sampai dengan 30 April 2022 (H-2), YIA telah melayani 56.044 penumpang dengan rincian 36.079 penumpang datang dan 19.965 penumpang berangkat, tumbuh 4.390,71 persen dibandingkan dengan periode pelaksanaan Posko Terpadu Angkutan Udara Lebaran Tahun 2021. Serta 402 pergerakan pesawat yang tumbuh 2133,33 persen, dan 143.557 kilogram kargo yang mengalami kenaikan 80,49 persen. 

“Sedangkan pada tanggal 30 April 2022 atau H-2 Lebaran, kami mencatat sebanyak 10.532 penumpang, 74 pergerakan pesawat, dan 23.101 kilogram kargo melalui YIA,”imbuh Agus Pandu Purnama.

“Kami juga terus menyampaikan himbauan kepada pengguna jasa bandara untuk selalu mematuhi protokol kesehatan demi kenyamanan dan kesehatan bersama. Begitu juga dengan personil kami yang bertugas, agar selalu disiplin terhadap protokol kesehatan sebagaimana prosedur yang berlaku. Bagi para penumpang kami tetap menghimbau untuk dapat menyiapkan pengisian eHAC sebelum tiba di bandara sebagai persyaratan keberangkatan, sehingga dapat mempercepat proses check-in. Serta setidaknya dapat melakukan proses check-in 2 jam sebelum waktu keberangkatan,” terang Agus Pandu Purnama.

“Tidak lupa kami menyampaikan apresiasi terhadap kolaborasi dan komunikasi yang baik dari stakeholder dalam komunitas bandara serta pemerintah daerah. Semoga arus mudik dan balik lebaran selalu berjalan dengan baik dan lancar,” tambahnya.*** [GN]