en id

Berita

Manfaatkan Lahan Terbuka Bersama Kelompok Tani, YIA Panen 30 Ton Semangka

06 Jun 2022

kembali ke list


Kulon Progo (03/06) - Panen Semangka Perdana, YIA manfaatkan lahan terbuka untuk berdayakan kelompok tani Kulon Progo. 

Hari ini, PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Yogyakarta hasilkan panen semangka perdana sebanyak 30 ton dengan jenis golden, black, dan lorek merah. Panen Semangka Perdana ini merupakan hasil kolaborasi YIA dengan Kelompok Tani di wilayah sekitar bandara. Kolaborasi ditujukan sebagai bentuk mengoptimalkan lahan terbuka YIA serta memaksimalkan penataan tata ruang dan kebersihan di area bandara. 

Dimulai sejak awal bulan Februari 2022, kelompok tani memerlukan 4 (empat) bulan untuk melakukan  pembersihan lahan, perataan tanah, pemupukan, pembuatan mulsa aliran air untuk siram, hingga panen. Jangka waktu dari tanam bibit hingga siap panen lebih kurang 2 (dua) bulan.

“Inisiasi ini merupakan wujud inovasi bagi Angkasa Pura I YIA untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki YIA, khususnya lahan terbuka yang belum digunakan untuk pengembangan bandara tahap ultimate, dan salah satu solusi dalam membantu menjaga kebersihan di sisi darat kawasan YIA,” jelas Agus Pandu Purnama, General Manager Bandara Internasional Yogyakarta. 

“Tidak hanya itu, kami juga melibatkan masyarakat yang merupakan kelompok tani, yang juga sebagian merupakan petani yang pernah menggarap lahannya pada saat bandara belum dibangun. Menjadi suatu kebanggaan bagi kelompok petani terlibat karena dapat kembali menggarap lahan, yang saat ini digunakan untuk memproduksi semangka. Menjadi suatu kebanggaan pula bagi kami bahwa YIA hadir sebagai penggerak dan pendorong pertumbuhan ekonomi daerah, khususnya dalam mendukung penguatan pangan, “tambahnya. 

Turut hadir, Pejabat (PJ) Bupati, Tri Saktiyana, menyampaikan apresiasi terhadap inisiasi YIA dalam turut menyumbang kekuatan pangan dan pemberdayaan masyarakat sekitar (kelompok tani). “Terima kasih atas kolaborasi yang baik dan inisiasi dari PT Angkasa Pura I bersama dengan kelompok tani di kawasan YIA, yaitu masyarakat Kulon Progo. Kami sampaikan pula apresiasi atas kepedulian AP I dalam menguatkan dan mendukung ketahanan pangan. Kami mendukung dan memberikan apresiasi pada  program-program yang bermanfaat bagi kemajuan daerah,” terangnya.*** [GN]