en id

Berita

Jelang Akhir Tahun, Angkasa Pura I Salurkan Program Pendanaan UMK

20 Dec 2021

kembali ke list


Kulon Progo (20/12) – Jelang akhir tahun, PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Yogyakarta kembali menyalurkan pinjaman Program Pendanaan UMK kepada 16 pengusaha kecil di wilayah DIY dengan total sebesar  Rp 965.000.000,00.

Bertempat di Ruang Rapat Jangkaran, Kantor PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandara Internasional Yogyakarta, penyaluran pinjaman diberikan secara simbolis oleh General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Yogyakarta, Agus Pandu Purnama, bersama dengan Stakeholder Relation Manager, Ike Yutiane P. Dari 16 mitra binaan penerima pinjaman tersebut,  7 mitra binaan merupakan mitra binaan baru, dan 9 mitra binaan merupakan mitra binaan lanjutan. Mitra binaan penerima pinjaman pendanaan UMK berasal dari 4 Kabupaten/Kota di DIY yaitu 8 berasal dari Kabupaten Sleman, 1 dari Kabupaten Bantul, 4 dari Kabupaten Kulon Progo, dan 3 dari Kota Yogyakarta.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi Usaha Mikro Kecil (UMK) yang dijalankan masyarakat, sehingga menjadi usaha yang lebih mandiri dan tangguh serta mampu memberikan lapangan kerja yang lebih luas.

Penyaluran Program Pendanaan UMK hari ini, 20 Desember 2021, menjadi penyaluran Program Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan Tahap II di tahun 2021, dengan total penyaluran di tahun 2021 yaitu sebesar  Rp 2.260.000.000 dengan total 24 mitra binaan dari berbagai sektor usaha.

Selain memberikan pinjaman permodalan, Program Kemitraan juga memberikan bantuan pembinaan kepada mitra binaan dengan bentuk pelatihan manajemen usaha. Pada 14 September 2021 lalu, YIA telah menyelenggarakan pelatihan digital marketing kepada mitra binaan dengan tujuan peningkatan daya saing, pengetahuan, serta motivasi entrepreneur sebagai modal usaha menjadi pengusaha yang tangguh dalam menghadapi persaingan pasar yang kompetitif. “Hal ini membuktikan bahwa, Angkasa Pura I tidak hanya melakukan penyaluran, namun juga memiliki komitmen dalam melakukan pembinaan pada mitra binaan. Setelah penyaluran program pendanaan UMK ini, tim kami akan melakukan peninjauan, pemantauan, dan monitoring terhadap perkembangan mitra binaan, dimana masing-masing mitra juga akan membuat laporan perkembangan usaha kepada perusahaan,” terang Ike Yutiane P., Stakeholder Relation Manager Bandara Internasional Yogyakarta.

Rita Andriana, pemilik usaha ABC Toys asal Kota Yogyakarta, menyampaikan apresiasi serta ungkapan terima kasih atas kesempatan untuk menerima penyaluran pinjaman sebesar Rp 100.000.000,00. “Pendanaan UMK yang kami terima hari ini merupakan penyaluran lanjutan. Sampai dengan saat ini kami terus mengapresiasi dan berterima kasih atas kepedulian Angkasa Pura I kepada kami pelaku usaha sehingga usaha kami berjalan dengan baik. Dengan pendanaan UMK ini dapat kami wujudkan sebagai modal pengembangan usaha untuk bahan baku, dan peralatan. Khususnya pada masa pendemi ini, kami bersyukur atas penyaluran pendanaan yang diberikan oleh Angkasa Pura I, karena hal tersebut, usaha dan karyawan kami tetap dapat dipertahankan,”ungkapnya.

General Manager Bandara Internasional Yogyakarta, Agus Pandu Purnama menyampaikan bahwa PT Angkasa Pura I (Persero) terus berkomitmen memberikan kontribusi positif bagi lingkungan masyarakat dengan harapan para pengusaha kecil dan menengah dapat berkembang dan bersaing dengan baik. “Kami mengharapkan seluruh lapisan masyarakat dapat merasakan manfaat dengan adanya PT Angkasa Pura I (Persero) sebagai pengelola bandara di lingkungannya. UMK yang telah berkembang diharapkan dapat menyerap tenaga kerja dari masyarakat lokal. Khususnya di masa pandemi, kami berharap penyaluran program pendanaan UMK dapat mendorong semangat dan memberikan motivasi bagi para pengusaha dan penggerak di bidang UMK untuk tetap berupaya dan berinovasi,” jelasnya.

Agus Pandu Purnama menambahkan, “Apabila pada saat perjalanan usaha dari masing-masing penerima pendanaan UMK ini nanti ditemukan kendala dan permasalahan, semoga dapat dikomunikasikan dan dilakukan pembinaan oleh PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Yogyakarta melalui unit CSR yang diampu di bawah Stakeholder Relation. Kami berupaya melalui pembinaan supaya setiap mitra binaan PT Angkasa Pura I (Persero) dapat berhasil mengembangkan usahanya dengan baik.”*** [GN]