en id

Berita

Earth Hour 2019, Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta Gelar Aksi Bersih Pantai

29 Mar 2019

kembali ke list


YOGYAKARTA – Dalam rangka pelaksanaan Earth Hour 2019 di Yogyakarta, PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Adisutjipto menggelar aksi bersih pantai bersama dengan seluruh pegawai. Kegiatan “Bersih Pantai” dilaksanakan di Pantai Cangkring, Cangkring, Poncosari, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Aksi ini turut melibatkan masyarakat atau warga di lingkungan Pantai Cangkring. Lokasi Pantai Cangkring yang berada di perbatasan Kabupaten Kulon Progo dan Kabupaten Bantul ini merupakan daerah wisata yang sedang dikembangkan oleh Pemerintah melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Layaknya beberapa pesisir pantai lainnya, masih ditemukan beberapa sampah khususnya sampah plastik di pesisir pantai yang perlu mendapat perhatian masyarakat guna menjaga kelangsungan lingkungan hidup. Kegiatan Aksi Bersih Pantai ini dilaksanakan sebagai rangkaian kegiatan Earth Hour 2019 di Yogyakarta, setelah sebelumnya dilaksanakan Bersih Sampah di Bandara dan Kampanye Earth Hour di Bandara Adisutjipto sertaakan ditutup dengan switch off 60 menit di Taman Budaya Borobudur Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, besok (30/03).

“Pengurangan sampah, plastik khususnya di kawasan pantai setidaknya menjadi kontribusi dan kepedulian kami terhadap ekosistem laut. Sampah plastik sangat berbahaya terhadap ekosistem laut, karena baru dapat terurai sekitar puluhan sampai dengan ratusan tahun di lautan,” jelas Agus Pandu Purnama, General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta.

Pada kesempatan ini, turut melaksanakan Aksi Bersih Pantai yaitu: Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT Angkasa Pura I (Persero) Devy Suradji, Kepala Bagian Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul Ni Nyoman, Komandan Satuan POM AU dan jajaran pimpinan maskapai serta komunitas Bandara Adisutjipto lainnya.

Ni Nyoman menyambut baik kegiatan Aksi Bersih Pantai di Pantai Cangkringan oleh PT Angkasa Pura I (Persero), “Apresiasi kami sampaikan kepada PT Angkasa Pura I (Persero) beserta komunitas Bandara, yang telah memiliki kepedulian dalam menjaga potensi pariwisata dan kelestarian alam serta lingkungan di salah satu pantai di Kabupaten Bantul”.

Tidak hanya Aksi Bersih Pantai, dilaksanakan pula penanaman 14 buah pohon cemara udang, yang merupakan tanaman “wind-barrier”atau pemecah angin di pesisir pantai selatan.

“Harapan kami melalui kegiatan ini semoga PT Angkasa Pura I (Persero) sebagai perusahaan BUMN dapat mewujudkan kontribusi dan komitmen dalam menjaga lingkungan hidup, serta dapat turut mengedukasi pegawai internal, komunitas dan masyarakat sekitar. Karena keberlangsungan ekosistem dan lingkungannya membutuhkan kontribusi dan ulur tangan dari kita semua,” tegas Pandu Purnama.***