en id

Berita

Bandara Internasional Yogyakarta Didarati Pesawat Berbadan Lebar Untuk Pertama Kalinya

04 Oct 2019

kembali ke list


YOGYAKARTA - Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) untuk pertama kalinya didarati oleh pesawat berbadan lebar (wide body) Airbus A330-200 milik maskapai Garuda Indonesia, Jumat (4/10/2019) pukul 11.20 WIB.

Mendaratnya pesawat berkapasitas 220 orang penumpang ini menambah jumlah penerbangan yang ada di YIA menjadi 30 penerbangan. Garuda Indonesia akan melayani rute penerbangan dari dan menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK-YIA- CGK).

Kedatangan pesawat wide body ini ditandai dengan prosesi water salute saat pesawat hendak parkir di apron. Di terminal kedatangan, manajemen PT Angkasa Pura I (Persero) yang diwakili oleh PTS. General Manager Bandara Internasional Yogyakarta Agus Pandu Purnama memberikan penyambutan di berupa pengalungan bunga secara simbolis kepada para penumpang yang turun dari pesawat. Mereka antara lain adalah musisi para musisi ternama Indonesia, yaitu Bunga Citra Lestari, Yovie Widianto, serta grup musik Kahitna dan 5 Romeo.

“Sejak bandara ini melayani penerbangan komersial pada 6 Mei 2019, hari ini Garuda Indonesia resmi beroperasi di YIA setelah sebelumnya ada Citilink, Lion Air, Batik dan Indonesia AirAsia. Penerbangan Garuda Indonesia dengan menggunakan pesawat wide- body Airbus A330-200 ini dijadwalkan dua kali dalam sepekan setiap Jumat dan Minggu. Diharapkan hal ini dapat memberikan pilihan penerbangan yang lebih banyak kepada pengguna jasa bandara. Selain itu juga diharapkan mampu ikut mendorong kemajuan pariwisata, khususnya di wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah,”  jelas Agus Pandu Purnama.

Agus Pandu Purnama menambahkan dengan adanya dukungan dari para artis dan musisi yang mendarat di YIA bisa meningkatkan minat masyarakat untuk terbang dari dan ke Yogyakarta melalui YIA. “Meski saat ini YIA masih beroperasi secara terbatas, tapi kami bersyukur karena tingkat okupansi bandara ini menyentuh angka 2.000 penumpang per hari saat ini, padahal target sebelumnya hanya 600 penumpang,”ungkapnya.

Yovie Widianto dan Bunga Citra Lestari (BCL) nampak antusias saat mendarat di YIA. “Seru! Akhirnya landing di YIA. So far so good. Keren! Terlihat sekali kesan bandara internasionalnya. Lebih bagus dan modern. Semoga dapat diselesaikan semuanya secara cepat dan dapat terus dijaga oleh masyarakat,” ujar BCL.*** [GN]