en id

Berita

Angkasa Pura I Salurkan Bantuan Bina Lingkungan dan Pinjaman Kemitraan di Wilayah Yogyakarta

20 Dec 2017

kembali ke list


YOGYAKARTA Memasuki penghujung tahun 2017, PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta menyalurkan bantuan Bina Lingkungan dengan total sebesar Rp 407juta dan Program Kemitraan di wilayah DIY dengan total sebesar Rp 655juta.

 

Bertempat di ruang  Rapat Yudhistira Grha Angkasa Pura Airports Kantor Cabang Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, penyaluran bantuan diberikan secara simbolis oleh General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, Agus Pandu Purnama. Dari 11  mitra binaan yang bergerak di bidang industri; kerajinan; dan perdagangan, 4 diantaranya merupakan mitra binaan yang baru pertama kali menerima pinjaman kemitraan dari PT Angkasa Pura I (Persero).

 

Penyaluran Kemitraan kali ini menjadi penyaluran tahap keempat di tahun 2017 dengan total penyaluran sampai dengan Tahap IV yaitu sebesar  Rp 2,6 Miliar dengan total 49 mitra binaan dari berbagai sektor usaha. Sedangkan penyaluran bantuan Bina Lingkungan kali ini menjadi penyaluran tahap III di tahun 2017 dengan total penyaluran sampai dengan hari ini yaitu sebesar Rp 1,05 Miliar, berupa bantuan prasarana dan sarana umum warga; bantuan kesehatan gratis keliling di wilayah Kecamatan Temon dan Kalasan, dan perbaikan tempat Ibadah.

 

Penyaluran Bantuan Bina Lingkungan dan Pinjaman Kemitraan tersebut merupakan bagian dari Program PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta yang antara lain bertujuan untuk memberdayakan usaha kecil agar lebih mandiri dan tangguh sehingga mampu memberikan lapangan kerja yang lebih luas serta sebagai wujud nyata kepedulian sosial perusahaan kepada masyarakat atau instansi di lingkungan bandara khususnya dan wilayah Yogyakarta pada umumnya. Selain memberikan bantuan permodalan dengan bunga ringan, Program Kemitraan juga memberikan bantuan pembinaan kepada mitra binaan dengan bentuk pelatihan manajemen usaha, pemasaran, pengiriman ke pameran lokal dan nasional,  serta pemagangan di mitra binaan unggulan bandara lainnya.

 

General Manager Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, Agus Pandu Purnama menyampaikan bahwa PT Angkasa Pura I (Persero) akan terus berkomitmen memberikan kontribusi positif bagi lingkungan masyarakat dengan harapan para pengusaha kecil dan menengah dapat berkembang dan bersaing dengan baik, begitu pula sarana prasarana di lingkungan sekitar.

 

“Semoga melalui kemitraan ini dapat memberikan manfaat bagi pengembangan usaha yang sedang dijalani atau bahkan baru dimulai. Karena usaha kecil menengah yang sedang dikembangkan memberikan kontribusi penting bagi perekonomian bangsa. Adapun pada saat perjalanan usahanya nanti ditemukan kendala dan permasalahan, semoga dapat dikomunikasikan dan dilakukan pembinaan oleh PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Adisutjipto khususnya melalui CSR. Kami berupaya melalui pembinaan supaya setiap mitra binaan PT Angkasa Pura I (Persero) dapat berhasil mengembangkan usahanya dengan baik,” tegas Agus Pandu Purnama.

 

Pada penghujung tahun 2017 nanti, PT Angkasa Pura I (Persero) akan menyalurkan bantuan Bina Lingkungan Tahap IV sebesar Rp 325juta, sehingga total penyaluran menjadi Rp 1,8 Miliar dan Pinjaman Kemitraan Tahap V sebesar Rp 570juta, sehingga penyaluran menjadi Rp 3,1 Miliar. “Setelah hari ini disampaikan bantuan bina lingkungan sebanyak 47 timbangan kepada 7 desa di Kecamatan Temon, Kulon Progo, kami masih memiliki beberapa program bina lingkungan seperti bantuan sarana MCK dan jaringan listrik bagi warga di wilayah sekitar pembangunan Bandara Baru Yogyakarta di Temon, Kulon Progo. Semoga dapat memberikan nilai manfaat kepada masyarakat,” tambah A.Pandu Purnama.***