en id

Selenggarakan Posko Terpadu Natal dan Tahun Baru, Angkasa Pura I Pastikan Kelancaran Layanan Pengguna Jasa Bandara

16 Dec 2021

kembali ke list


Kulon Progo (16/12) - Menyambut momen Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, PT Angkasa Pura I (Persero) pastikan kesiapan layanan terbaik melalui penyelenggaraan Posko Terpadu Angkutan Udara Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA).

Hari ini, Kamis, 16 Desember 2021, dilaksanakan Pembukaan Posko Terpadu Angkutan Udara Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 yang bertempat di Drop Zone A Terminal Keberangkatan YIA. Bertindak sebagai Pembina Apel, General Manager Bandara Internasional Yogyakarta. Pelaksanaan apel pembukaan dihadiri oleh General Manager Perum LPPNPI Yogyakarta, Kepala BMKG Yogyakarta, para Pimpinan Airlines; Groundhandling dan CIQ, perwakilan Basarnas, serta TNI/Polri.

Posko Terpadu Angkutan Udara Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), melibatkan 50 personil PT Angkasa Pura I (Persero) yang terbagi dalam 2 (dua) shift yaitu pukul 07.00-12.00 WIB dan pukul 12.00-19.00 WIB. Adapun lokasi posko terletak di Drop Zone A Terminal Keberangkatan yaitu pada ruang Security Command and Control Room serta pada Solution Room. Posko Terpadu Angkutan Udara Natal 2021 dan Tahun Baru 2022  diselenggarakan mulai tanggal 17 Desember 2021 s.d. 04 Januari 2022 atau H-8 Natal 2021 s.d. H+3 Tahun Baru 2022.

General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Yogyakarta, Agus Pandu Purnama menyampaikan, “Pada Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 kali ini, diprediksikan 123.642 penumpang dengan 1.366 pergerakan pesawat, dan  461.067 kilogram kargo akan menggunakan moda transportasi angkutan udara melalui YIA, tumbuh 5% dibandingkan dengan tahun 2020, yaitu 1.301 pergerakan pesawat; 117.754 orang penumpang; 439.111 kilogram kargo. Puncak trafik ini diprediksikan akan terjadi pada (H-7) Natal 2021 yaitu pada tanggal 18 Desember 2021, (H-1) Natal 2021 pada tanggal 24 Desember 2021, dan H+2 Tahun Baru yaitu pada tanggal 3 Januari 2022.”

Guna mewujudkan kenyamanan pada momen Natal dan Tahun Baru, PT Angkasa Pura I (Persero) memastikan pengguna jasa bandara mendapatkan layanan terbaik. “Kami memastikan kenyamanan pengguna jasa bandara di seluruh area Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), kami telah memastikan kesiapan fasilitas layanan bagi penumpang di terminal bandara maupun terhadap aksesibilitas transportasi pendukungnya. Baik Kereta Bandara, Damri, SatelQu, hingga taksi, semua berintegrasi dengan baik untuk memaksimalkan pelayanan kepada pengguna jasa. Jadwal pelayanan moda transportasi pendukung pun menyesuaikan kebutuhan jadwal penerbangan (keberangkatan dan kedatangan) penumpang,” jelasnya.

“Selain dari segi moda transportasi pendukung, kami juga telah memastikan operasional layanan kesehatan seperti RT-PCR dan RT-Antigen yang diselenggarakan oleh Angkasa Pura Supports di area mezzanine gedung penghubung sisi barat, tetap beroperasi normal yaitu mulai pukul 06.00-15.00 WIB untuk RT-PCR, dan pukul 06.00-16.00 WIB untuk RT-Antigen. Kami juga menambahkan meja layanan screening dokumen kesehatan (PeduliLindungi), sehingga penumpang tetap dapat menjaga jarak (protokol kesehatan) di masa pandemi covid-19,” tambahnya.

Agus Pandu Purnama menegaskan “Selaku penyelenggara layanan jasa bandara, kami akan terus berkoordinasi dengan seluruh instansi terkait untuk memastikan tingkat keselamatan, keamanan serta pelayanan di lingkungan bandara. Tidak hanya karena saat ini masih dalam masa pandemi covid-19, namun kami juga tetap fokus pada isu-isu keamanan lainnya. Kami berupaya untuk memastikan tidak ada celah kelalaian pada setiap personil yang bertugas.”***[GN]