en id

Bandara Internasional Yogyakarta Lakukan Rangkaian Aksi Nyata Cegah Penyebaran Virus Corona

15 Mar 2020

kembali ke list


YOGYAKARTA - Sebagai bentuk kepedulian dan upaya terhadap pencegahan masuknya virus corona (COVID-19) di lingkungan bandara, PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) telah melakukan rangkaian aksi nyata guna mencegah dan mengantisipasi penyebaran virus corona.

Sejak teridentifikasi masuknya virus corona di Indonesia beberapa waktu lalu, Manajemen YIA telah melakukan berbagai langkah antisipasi berupa penyediaan hand sanitizer di area bandara, baik di area keberangkatan maupun kedatangan penumpang, dengan tujuan untuk menerapkan pola hidup bersih bagi pengguna jasa bandara dan personil yang bertugas dalam mengantisipasi potensi penyebaran virus serta bibit penyakit lain.

"Kami juga melakukan kegiatan penyemprotan disinfektan pada Minggu (15/03) di seluruh area kedatangan dan keberangkatan penumpang dengan melibatkan lebih kurang 20 orang personil, terutama di titik yang sering terjadi kontak langsung dengan pengguna jasa bandara," ungkap Agus Pandu Purnama, PTS. General Manager Bandara Internasional Yogyakarta.

Proses penyemprotan disinfektan tersebut ditujukan untuk membersihkan sejumlah fasilitas terminal yang berpotensi sering digunakan oleh pengguna jasa bandara, yaitu di lobby drop zone, counter customer service, area Aviation Security, check in counter, POTS, Security Check Point (SCP), musholla, area ruang tunggu, area mezzanine, area kedatangan dan pick up zone, serta di berbagai fasilitas penumpang seperti playground, family zone, eskalator, travelator, lift, dan toilet.

Sebelumnya, upaya antisipasi penyebaran virus corona di Bandara Internasional Yogyakarta telah dilakukan sejak penyebaran COVID-19 terjadi pada akhir tahun 2019, seperti melakukan pengecekan suhu tubuh bagi penumpang di area keberangkatan dan kedatangan dengan menggunakan thermometer dan body thermal scanner, mewajibkan pegawai yang sering melakukan kontak langsung dengan penumpang untuk menggunakan Alat Pelindung Diri (APD), peningkatan standar kebersihan di area gerai, serta monitoring kesehatan pegawai juga telah dilakukan setiap hari di YIA.

Secara rutin, PT Angkasa Pura I (Persero) terus berkoordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan komunitas bandara terkait lainnya. "Aksi nyata berupa pencegahan penyebaran virus di YIA yang dilakukan setiap hari diharapkan dapat memberikan manfaat yang positif serta menjaga rasa aman dan nyaman bagi seluruh pengguna jasa dan komunitas bandara," jelas Agus Pandu Purnama.*** [GN]